Rabu, 05 Mei 2010

KISI – KISI MATERI UJIAN TENGAH SEMESTER M.K PSIKONEUROIMUNOLOGI


1. Pita-pita yang berjarak sama dari sumur gel pada akhir elektroforesis mengandung molekul-molekul yang bergerak di dalam gel selama elektroforesis dengan kecepatan yang sama, yang biasanya berarti bahwa molekul-molekul tersebut berukuran sama. Jelaskan
2. Asam deoksiribonukleat, lebih dikenal dengan DNA (bahasa Inggris: deoxyribonucleic acid). Jelaskan dan buat gambarnya.
3. “ Work stress is an individual’s response to work related environmental stressors. Stress as the reaction of organism, which can be physiological, psychological, or behavioural reaction”. Jelaskan dari pernyataan tersebut.
4. Stres ringan bisa merangsang dan memberikan rasa lebih bergairah dalam kehidupan yang biasanya membosankan dan rutin. Tetapi stress yang terlalu banyak dan berkelanjutan, bila tidak ditanggulangi, akan berbahaya bagi kesehatan. Sebutkan 10 gejala stress.
5. Semua mekanisme yang digunakan badan untuk mempertahankan keutuhan tubuh, sebagai perlindungan terhadap bahaya yang dapat ditimbulkan berbagai bahan dalam lingkungan hidup. Jelaskan fungsi system imun.
6. Sel-sel yang berperan dalam sistem imun / respon imun : Sel B, Sel T, Makrofag, Sel dentritik dan langerhans, Sel NK. Jelaskan Limfosit Sel B dan Sel T.
7. Penelitian bisa menggunakan metode ilmiah (scientific method) atau non-ilmiah (unscientific method). Tapi kalau kita lihat dari definisi diatas, penelitian banyak bersinggungan dengan pemikiran kritis, rasional, logis (nalar), dan analitis, sehingga akhirnya penggunaan metode ilmiah (scientific method) adalah hal yang jamak dan disepakati umum dalam penelitian. Jelaskan perbedaan penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif.
8. Jelaskan prinsip penelitian dari aspek epistemologis, ontologis, aksiologis, dan metodologis.
9. Kuman ( apakah itu bakteri, virus, protozoa maupun jamur) mempunyai mekanisme dalam menyerang sel inangnya. Secara ringkas kuman tersebut bisa menginfeksi melalui 4 tahap yaitu dan berikan contohnya.
10. Salah satu cara yang digunakan patogen untuk menghindari sistem kekebalan adalah dengan mengubah struktur permukaan selnya. Banyak patogen ekstraselular mempunyai tipe antigenik yang sangat beragam. Salah satu contoh adalah streptococcus pneumoniae. Jelaskan tentang streptococcus pneumoniae.
11. Apakah yang dimaksud dengan :
a. Bacillus anthracis
b. measles
c. toxoplasma gondii
d. Listeria monocytogenes
e. Mycobacterium tuberculosis
f. Chlamydia
g. Rickettsia
h. Haemofillus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar