Sabtu, 30 Mei 2009

SIM BER-MICROCHIP

SIM Ber-Microchip Akan Diluncurkan 2009

Pada tahun 2009 mendatang, sebuah SIM akan semakin canggih saja. Dengan membenamkan sebuah microchip di dalamnya, sebuah SIM tidak hanya berfungsi sebagai tanda izin berkendara saja namun juga akan berfungsi sebagai personal identity.

“Program itu adalah rencana tahun 2009,” ujar Dir Lantas Babinkam Polri, Brigjen Pol Yudi Sushariyanto, kepada wartawan usai launching SIM Corner di Atrium Tunjungan Plaza I, Jumat (14/12/2007).

Data diri di microchip yang terhubung ke pusat data di Mabes Polri tersebut, kata Pak Yudi, nantinya akan dikorelasikan dengan dengan data yang bersangkutan di departemen pemerintah lainnya.

Pak Yudi mencontohkan seperti pencocokan dengan departemen kependudukan, dimana akan terbentuk sebuah single identity bila data di SIM cocok dengan data di KTP. Dengan begitu, tambah Pak Yudi, data diri seseorang akan tersentral.

“Dengan teknologi itu, akan ketahuan mana SIM yang udah kadaluwarsa atau belum,” tambah Pak Yudi.

Namun pak Yudi belum bisa mengungkapkan siapa yang akan menjadi leading actor program tersebut, apakah akan dilakukan Polri atau instansi pemerintah lainnya. Namun yang pasti rencana itu akan diberlakukan di seluruh Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar